Diberdayakan oleh Blogger.
 
Rabu, 20 Maret 2013

PKS Belum Sepakat Asas Pancasila, PDIP Heran

0 komentar

JAKARTA – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) belum menyepakati rumusan Rancangan Undang-undang tentang Organisasi Kemasyarakatan (ormas) terkait pengaturan asas Ormas. PKS tidak setuju jika asas Ormas yang dicantumkan adalah Pancasila, UUD 1945, dan asas lain yang tidak bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945.

Pencantuman seperti itu merupakan upaya pengekangan dan pemaksaan terhadap Ormas agar menjadikan Pancasila, UUD 1945 dicantumkan sebagai asasnya. PKS menginginkan, RUU Ormas cukup menyebutkan bahwa asas Ormas tidak bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945.

“Dengan rumusan yang sekarang, Ormas harus mencantumkan sedikitnya dua asas yakni Pancasila dan UUD 1945. Itukan ambigu, juga pengekangan dan pemaksaan terhadap Ormas, serta upaya mengembalikan asas tunggal. PKS ingin agar asas Ormas cukup disebutkan tidak bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945,” jelas anggota Panitia Khusus (Pansus) RUU Ormas, Indra, Jakarta, Rabu (20/3).

Menurut politisi PKS ini, Ormas seharusnya dijamin untuk menentukan asas sesuai dengan ciri dan kekhasan organisasi, asalkan tidak bertentangan dengan Pancasila dan UUD. Sehingga Ormas tidak perlu mencantumkan asasnya adalah Pancasila, UUD 1945, dan asas yang sesuai dengan karakteristiknya.

Selain itu, lanjut Indra, upaya menjadikan Pancasila dan UUD 1945 sebagai asas Ormas merupakan pengkerdilan Pancasila dan UUD 1945 sebagai dasar, fundamen negara. Tidak pantas, bagi Pancasila dan UUD 1945 ditempatkan sebagai asas ormas.

“Konsesus kita semua kan bahawa Pancasila dan UUD 1945 itu dasar negara, fundamen bangsa kita. Kalau dijadikan asas Ormas, jelas itu pengkerdilan terhadap pancasila dan UUD 1945,” tegas Indra.

Anggota Pansus RUU Ormas dari Fraksi PDI Perjuangan Eddy Mihati merasa heran dengan keberatan PKS atas rumusan soal asas Ormas tersebut. “Dimana letak keberatannya? Dan dimana letak pengekangannya, saya terus terang heran.” Ujarnya.***

Sumber : Harian Pelita/ Halaman 1&19/ Kamis, 21 Maret 2013.




Entri Populer

 
News & Artikel Abu Hylmi © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here