Diberdayakan oleh Blogger.
 
Selasa, 13 November 2012

Pemkot Harus Atasi Masalah Sampah

0 komentar

SETU – Pemkot Tangsel dituntut terus mencari pola untuk mengatasi masalah sampah guna menwujudkan Kota Tangsel Go Green. Aktivis lingkungan dan masyarakat harus terus dilibatkan untuk membantu mengentaskan masalah tersebut.

Direktur Bina Ekonomi Sosial Terpadu (BEST) Hamjah Harun Alrasid berpendapat, untuk penanganan sampah di Kota Tangsel ini perlu adanya kesadaran dan tanggung jawab masyarakat dalam mengelola sampah.

Dikatakan, keberadaan tempat pengelolaan sampah terpadu (TPST) Cipeucang tidak banyak membantu karena keterbatasan lahan penampungan. Bahkan keberadaan TPST akan mengakibatkan masalah baru, yakni konflik sosial ekonomi dan pencemaran udara karena kendaraan.

“Yang paling penting adalah bagaimana masyarakat memiliki kesadaran dalam mengelola sampah. Inilah yang harus lebih ditingkatkan,” ungkapnya, Senin (12/11).

Menurutnya, pola yang cocok untuk penanganan sampah di wilayah ini adalah dengan pola 3-R (reuse, educe, dan recycle). Setiap lingkungan harus mempunyai pembuangan sampah. Sampah yang sudah dipilah kemudian bisa dikelola kembali oleh warga. Sedangkan, sampah yang tidak bisa dimanfaatkan warga dibuang ke TPST. “Pola ini dapat mengefisienkan sampah dibuang ke TPST. Sampai sekarang pola 3-R masih menjadi cara terbaik dalam mengelola dan menangani sampah,” ujarnya.

Penggagas Bank Sampah Kota Tangsel Benny Harkamto menuturkan, bank sampah bisa mengurangi timbunan sampah hingga 30 persen di Pasar Ciputat. Menurutnya, adanya bank sampah ini jelas mengubah pola pikir masyarakat di Kota Tangsel. Sampah yang sebelumnya melulu jadi beban pemerintah daerah, kini sudah bisa diolah masyarakat. Bahkan kini sampah sudah jadi barang yang menguntungkan buat masyarakat. “Dari dua buah bank sampah sudah cukup baik dan mampu memberikan penghasilan buat warga. Jadi, selain lingkungan bersih, kini sampah juga menguntungkan warga,” ujarnya.***

Sumber : Radar Banten/ Halaman 18/ Selasa, 13 November 2012.

Entri Populer

 
News & Artikel Abu Hylmi © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here