Diberdayakan oleh Blogger.
 
Selasa, 09 Oktober 2012

Kota Tangsel Akan Jadi Smart City

0 komentar

JAKARTA – Jepang akan membangun Kota Tangsel menjadi “Smart City”. Rencana ini merupakan pengembangan program Smart Community Initiatives hasil kesepakatan bersama antara Indonesia dan Jepang.

Demikian hasil kesepakatan Menteri Koordinasi Bidang Perekonomian Indonesia Hatta Rajasa dengan Minister of Economy Trade and Industry of Japan, Yukio Edano dalam Forum 4th Indonesia Japan Joint Economic Farum (IJ-JEF), di Tokyo, Senin (8/10).

Hatta Rajasa mengatakan bahwa Jepang akan segera melakukan feasibility untuk merancang masterplan smart city di Kota Tangsel. Dimana Jepang akan menyerahkan study ini kepada NEDO. “Dalam waktu dekat NEDO akan turun langsung untuk membuat sebuah pilot project di Tangsel sebagai bagian dari pengembangan smart city di sekitar Jakarta yang akan ditindak lanjuti dalam nota kesepahaman bersama,” kata Hatta.

Sementara itu, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengaku bangga sekaligus terhormat atas rencana Jepang dan Pemerintah Pusat menjadikan Kota Tangsel sebagai bagian dari Smart City. Terlebih rencana tersebut sejalan dengan visi Kota Tangsel yang cerdas, religius dan modern.

Menurut Airin, konsep smart city yang meliputi e-goverment, e-education, e-health dan e-baz ini tak bisa berjalan hanya dengan tangan pemerintah. Namun dibutuhkan dukungan penuh semua elemen yang ada di Kota Tangsel. “Untuk mewujudkan rencana baik itu peran semua pihak baik pemerintah, masyarakat dan swasta mutlak diperlukan. Kami mohon dukungan dan bantuannya,” imbuh Airin.***

Sumber : Satelit News/ Halaman 1-6/ Selasa, 9 September 2012.

Entri Populer

 
News & Artikel Abu Hylmi © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here