Diberdayakan oleh Blogger.
 
Kamis, 19 Juli 2012

Tips Agar Kemesraan Tak Memudar

0 komentar

 Biasanya seiring dengan perjalanan waktu, kemesraan dalam rumah tangga bisa memudar. Padahal, kemesraan dalam rumah tangga itu penting agar suami maupun istri dapat menjalani kehidupan rumah tangga dengan harmonis.  Sering terjadi, setelah berumah tangga suami maupun istri tidak memahami hak dan kewajiban masing-masing, sehingga kemesraan pun hilang. Untuk itu, perlu upaya kontinyu meningkatkan kualitas kehidupan berumah tangga. Langkah awalnya, kesadaran yang utuh bagi kedua pasangan tentang kehidupan rumah tangga, apa tujuannya, hak dan kewajibannya masing  - masing.

Maka, mulai sekarang masing – masing kita mengintropeksi diri. Apakah sebagai istri sudah menjalankan kewajiban dengan baik? Begitu pula para suami, tanyakan pada diri sendiri, sudahkah menjalankan kewajiban sebagai suami dari istri yang dinikahi dengan sebaik – baiknya?

Dari pada terus – menerus menuntut hak, lebih baik melakukan kewajiban masing – masing. Apa lagi kalau itu semua dilakukan karena Allah SWT, tentu lebih membuat hati tenang. Dengan begitu, insya Allah, kesetiaan dan kemesraan pasangan bisa terpelihara.

Ustadz Sahroni Mardani Lc, pengisi kajian qoshosun minna sunnah, memberikan kiat tentang apa yang harus Anda dan pasangan lakukan agar kualitas hubungan meningkat dan kesetiaan serta kemesraan dapat terus terjaga dengan baik.

Memberi makanan istri sesuai standar suami.
Suami harus memberikan makanan yang sama seperti yang di makan suaminya. “Jangan sampai suami cerita makan enak dan istri tidak merasakan.” kata Ustadz Sahroni.

Dikatakannya, nafkah wajib suami adalah memberikan makan minum, pakaian, tempat tinggal dan obat-obatan untuk istrinya.

Dan standar nafkah adalah sesuai standar suami, misal istri orang kaya dan suami kurang mampu, maka istri ikut standar suami dan mertua tidak boleh ikut campur.

karena itu, seorang istri wajib menerima pemberian dengan senang hati, meski pemberian itu kurang berkenan dihatinya. Rasulullah SAW bersabda, “Perempuan (istri) yang menyusahkan suaminya dalam urusan nafkah atau membebani suaminya padahal ia tidak mampu, Allah tidak akan menerima amalnya”.

Memberikan pakian untuk istrinya.
Tak kalah penting, suami juga harus memperhatikan kebutuhan pakaian untuk sang istri. Setidaknya suami memberikan baju setahun empat kali yaitu saat Idul Fitri, Idul Adha, Hari Ibu dan Hari Kartini.

Suami tidak boleh memukul istri dan jangan menghina istri.
Tidak sedikit suami yang suka menghina istri, “Ada suami sama istri orang baik banget, tapi sama istri sendiri galak banget. Seharusnya, suami harus bergaul dengan istri dengan cara yang baik.” ujar ustadz Sahroni.

Salah satu contoh cara bergaul yang baik adalah dengan memuji pasangan hidupnya. Kebanyakan suami istri jarang menyatakan sayang atau pujian terhadap pasangan. Maka di rumah kita harus latihan memuji terhadap pasangan. Memuji tidak harus penampilan, tapi bisa yang lain. Seperti memuji masakan istri. “Latihan minimal ucapan terima kasih pada pasangan.”

Menyelesaikan malah keluarga cukup di rumah.
Jika ada masalah cukup di rumah saja. jangan dibawa keluar. “Masalah dalam rumah tangga kadang-kadang masalah kecil, maka biar mesra selesaikan di rumah saja.”

Sementara, kewajiban utama istri adalah wajib taat pada suaminya. Rasulullah bersabda, “Sebaik-baiknya istri ialah jika memandangnya kamu akan terhibur. Jika kamu menyuruhnya, ia akan menurut patuh. Jika kamu memintanya melakukan sesuatu, ia memenuhinya dengan baik, dan jika kamu bepergian, ia menjaga dirinya dan harta bendamu.” (HR. Nasa'i). Saat terjadi pertengkaran pun, istri harus tetap hormat kepada suami. Namun, perlu diingat, kewajiban akan gugur jika suami menyuruhnya untuk bermaksiat kepada Allah.

Kemudian, menyenangkan hati suami.
Untuk itu Rasulullah menganjurkan agar para istri berdandan dihadapan suaminya. “Sebaik-baiknya perempuan (istri) ialah yang menyenangkanmu jika engkau memandangnya.” (HR. Tabrani). Sangat mudah bagi istri untuk bisa merawat dan mempercantik diri. Selain bersalon, lebih utama lagi adalah dengan memanfaatkan air wudhu, insya Allah akan diberikan kecantikan alami plus cahaya Allah. [cip]

Entri Populer

 
News & Artikel Abu Hylmi © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here