Diberdayakan oleh Blogger.
 
Kamis, 26 Juli 2012

Makanan Berbahaya Beredar

0 komentar

 SERPONG UTARA – Sejumlah makanan berbahaya mengandung pewarna tekstil hingga obat berbahaya ditemukan dijual bebas di Pasar di Kota Tangsel.

Aparat gabungan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan serta Dinas Kesehatan menemukan makanan mengandung pewarna pakaian. Sejumlah makanan yang dijajakan di Pasar Delapan Alam Sutera, Serpong Utara diperiksa di laboratorium. Hasilnya, makanan pacar cina dan permata mengandung kadar pewarna tekstil rhodamin B.

Kepala Seksi Penyehatan Lingkunagn dan Makanan Minuman  pada Dinas Kesehatan Kota Tangsel Anton Wibawa menyatakan, kedua makanan tersebut  telah diuji klinis mengandung pewarna tekstil rhodamin B. Zat kimia tersebut jika dikonsumsi maka dapat menjadi pemicu terjadinya kanker.

Dikatakannya, sebelum membeli produk makanan kemasan, konsumen diharapkan agar memperhatikan label dari Badan Pengawasan Obat Makanan (BPOM). “Bukan hanya di Pasar Delapan saja, tapi juga di pasar-pasar lainnya juga ada karena dari satu produsen sama. Tidak etis saja bahan untuk mewarnai pakaian digunakan untuk makanan. Bisa kena penyakit kanker,” katanya.

Kepala Bidang Ketahanan Pangan pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Ferry Payacun menuturkan, setelah menemukan perdaran makanan mengandung zat kimia berbahaya, pihaknya langsung melakukan koordinasi dengan pengelola pasar. “Kami sudah bilang setop suplay dari distributor makanan yang terbukti. Kalau himbauan kami tidak dihiraukan, aparat berwajib nantinya yang akan bertindak,” tegasnya.

Sumber : Radar Banten/ Hal. 18/ Kamis, 26 Juli 2012

Entri Populer

 
News & Artikel Abu Hylmi © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here