Diberdayakan oleh Blogger.
 
Minggu, 11 Oktober 2009

Tim Kesehatan Rumah Zakat Layani 10.885 Korban Gempa

0 komentar
Padang. Kerja sama Rumah Zakat Indonesia dengan mitra korporat sejauh ini mampu menghasilkan kerja tim yang baik. Itu dibuktikan dengan banyaknya layanan yang dilakukan dalam sinergi Ayo Pulihkan Sumatera ini. Selain membuka posko tim pun melakukan mobile menjemput bola ke daerah-daerah yang selama ini belum tersentuh oleh bantuan baik medis maupun non medis.

Kegiatan layanan kemanusiaan ini dilaksanakan di lima posko Rumah Zakat yaitu, Posko Kampung Ampar Pariaman Selatan, Posko Kurai Taji Pariaman Selatan, Posko Telkomsel Grapari Padang, dan Posko RZI Padang, Jl Diponegoro No 15 F Kota Padang.

Sejak Kamis (01/10) Rumah Zakat Indonesia telah mengirim Tim Siaga Bencana yang terdiri dari tim medis dan relawan dan membawa paket siaga gizi nusantara, obat-obatan, pakaian, kornet Superqurban serta genset yang siap untuk disalurkan langsung bagi korban gempa. Siaga Gizi Nusantara adalah sebuah program pemenuhan gizi untuk korban bencana dalam bentuk paket makanan siap saji berupa sosis ayam, sosis ikan, dan nasi kari yang dapat langsung disantap.

Rumah Zakat Indonesia telah menyebarkan semua Timnya untuk menjemput para korban yang membutuhkan bantuan. Seperti aksi Siaga Sehat pada Senin (05/10) di Posko yang terletak di Desa Kampung Apar Kec. Pariaman Selatan- Kota Pariaman. Tim ini telah melayani 478 Penerima manfaat siaga sehat, dan mendistribusikan 250 kaleng Siaga gizi, 620 kaleng kornet, 475 bungkus nasi dan 350 Siaga sandang berupa Pakaian Layak Pakai. Adapun tim yang diturunkan sebanyak 15 orang, diantaranya adalah 2 orang dokter, 2 perawat, 2 Apoteker, 4 Relawan ERT dan 5 Tim dapur umum.

Hingga selasa (06/10) tim relawan kembali melayani siaga sehat sebanyak 1176 orang, kemudian penyaluran sosis ayam 276 kaleng, 280 Superqurban, 200 bantuan paket makanan, 517 pembuatan sosis goreng. ”Aksi Siaga Sehat dilaksanakan tiap hari dengan menjemput para korban di tenda-tenda atau tempat pengungsian,” jelas Andre, Koordinator Gempa Padang.

Andre Marga Resdian mengatakan sebanyak 468 susu bayi dan balita, biskuit bayi 360 serta 120 bubur bayi senilai 13,7 juta disalurkan melalui posko RZI-Indosat. ”Alhamdulillah, sebagai tambahan sebanyak 100 karton air mineral juga diperbantukan,” ujarnya.

Selain itu, penggunaan masker oleh masyarakat juga perlu agar terhindar dari gangguan saluran pernapasan. ”Rumah Zakat sendiri masih menyediakan stok sebanyak 8 boks di posko utama Jalan Diponegoro 15F Kota Padang . Tiap boks berisi 50 buah masker.” jelas Andre.

Untuk membantu pelayanan medis, Rumah Zakat juga menerjunkan dua Mobil Klinik Keliling yang dilengkapi sarana pemeriksaan pasien. Selain itu Juga akan memberangkatkan sebanyak 14 armada Mobil Jenazah untuk membantu RZI Padang mengevakuasi korban gempa. Sementara Mobil Jenazah Rumah Zakat Padang terus bergerak dan melakukan evakuasi sejak hari pertama gempa.

Rumah Zakat juga mengirimkan bantuan 80 ribu kaleng kornet dan paket siaga gizi senilai 2 miliar rupiah yang didistribusikan di sejumlah daerah di Sumatera Barat diantaranya Kota Padang 20.000 paket, Pariaman 15.000 paket, Kab. Padang Pariaman 15.000 paket, Kab. Agam 7500 paket, Kab. Pesisir Selatan 7500 paket, Kota Solok 7500 paket, dan Pasaman 7500 paket.

Dalam fase evakuasi Padang, sampai tanggal 7 Oktober Rumah Zakat dan mitra telah memberikan bantuan untuk 10.885 penerima manfaat melalui lima posko yang ada. ”Hari ini insyaAllah diberangkatkan kembali bantuan berupa sembako, kornet, tenda dll melalui Batavia Air.” ***

Entri Populer

 
News & Artikel Abu Hylmi © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here