Diberdayakan oleh Blogger.
 
Sabtu, 04 Oktober 2008

PERDANA DI LKMS TANGERANG

0 komentar
Hari Selasa (16/9) kemarin mungkin merupakan hari yang cukup berbahagia bagi para pengusaha kecil di wilayah ICD Neglasari. Mereka dengan total 15 orang yang berkomposisi 12 orang dari kaum ibu dan sisanya dari para bapak. Setelah disepakati sebelumnya untuk dijadikan satu grup, para pengusaha itu tergabung dalam Kelompok Usaha Kecil Menuju Mandiri (KUKMI). Kelompok ini merupakan grup perdana yang mendapatkan fasilitas pembiayaan pola KUKMI, karena insya Allah nanti akan menyusul pada termin berikutnya kelompok baru.

Sebelum dilakukan pencairan atas pembiayaan mereka mengikuti prosedur yang telah disepakati sebelumnya, seperti pendaftaran anggota, survey dan analisa usaha serta mengikuti pelatihan dan pendampingan. Untuk langkah awal tersebut LKMS Tangerang sudah melakukannnya pada bulan sebelumnya, namun untuk pendampingan dan pelatihan baru saja dilakukan selama dua hari kemarin yaitu Senin – Selasa (15-16 September 2008).

Pada pelatihan hari pertama, LKMS Tangerang menjadualkan 2 materi sekaligus, yakni materi tentang ‘Prinsip-prinsip ekonomi syariah dikaitkan dengan meneladani pola Rasulullah berwirausaha’ yang disampaikan oleh Ustadz Mohammad Jamhuri Lc selaku ketua Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Asy-Syukriyyah, Tangerang.

Pada materi kedua dipaparkan bagaimana ‘menganalisa dan membuat akuntansi sederhana untuk usaha rumah tangga’, petunjuk ini disampaikan oleh Bapak Hendro Pranoto Amd seorang bisnisman muda, pemilik 70 gerai/outlet penganan ringan “TELA-TELA” yang tersebar di Kabupaten/Kota Tangerang.

Bersambung pada hari Selasa disampaikan materi tentang ‘pentingnya berjamaah dalam memupuk dan memikul tanggung jawab’ oleh Ustadz Syamsuri selaku da’i kondang dan Direktur Lembaga Pelatihan Keterampilan Masyarakat Kota Tangerang.

Acara yang dilakukan di Mushola Nurul Amal, Kampung Eretan Ampang RT 05/04 Selapajang Jaya Neglasari tersebut dibantu oleh 2 orang relawan dan dihadiri MSO Sucipto, MRO Muhammad Irvan Bakrie dan YCHC Officer RZI Tangerang Ahmad Faizs, serta diliput oleh media elektronik DAAI TV yang menurutnya akan disiarkan pada hari lebaran nanti.

Salah satu pernyataan dari anggota kelompok “Pas banget pak! Mau lebaran ini saya banyak permintaan manisan buah” menurut ibu Ida pedagang manisan buah yang sekarang sudah dibantu 4 orang pedagang keliling. Lain lagi menurut ibu Marhani pedagang sayur dan warung sembako, “modalnya saya mau pakai buat beli gerobak dorong pak, dagang di rumah sudah mulai sepi saya mau keliling kampung aja!”
Penulis: Hidayat, Tangerang

Entri Populer

 
News & Artikel Abu Hylmi © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here