Diberdayakan oleh Blogger.
 
Jumat, 03 Oktober 2008

CERIA ANAK PEMULUNG IKUT SIAGA SEHAT

0 komentar
TANGERANG. Ady (15 th) merupakan salah satu pasien yang sedang mengantri untuk mendapatkan layanan pengobatan gratiis yang digelar oleh Rumah Zakat Indonesia cabang Tangerang, Sabtu (27/9) siang.

Kebanyakan pasien yang datang dalam kegiatan ini adalah para pemulung yang tinggal di lingkungan RT Kandang Kambing Perum I, masyarakat menyebutnya dengan istilah ’Tanah Kebon’. Terdapat puluhan anggota keluarga yang mendiaminya, mereka merupakan warga pendatang. Rata-rata anak pemulung Tanah Kebon putus sekolah karena tidak ada biaya. ”Emak gak ada biaya,” ujar Ady, yang sama sekali belum mencicipi bangku SD.

Ady tidak sendirian, ada sekitar 50 anak seusianya yang putus sekolah. Ketika mereka tidak sekolah, aktivitas sehari-harinya adalah bekerja menjadi pemulung membantu orang tua. ”Kerjanya tiap hari, dari pagi sampai sore” tutur Ady pada MSO (Marketing Support Officer) Tangerang saat aksi pengobatan berlangsung.

Ady mengatakan setiap seminggu sekali hasil memulung ditimbang, ”Biasanya dapat 200 ribu dan kadang-kadang 300 ribu”. Ia pun melanjutkan, ”Dan hasilnya buat bayar utang warung ama emak” dengan nada penuh rasa tanggung jawab.

Sebenarnya semangat Ady dan teman-temannya untuk belajar sangat tinggi, hal ini terlihat dari kegiatan belajar agama yang terus dihadiri setiap hari senin sampai jum’at yang saat ini diasuh oleh Hj. Tuti. ”Walau tiap hari memulung, tetapi siangnya belajar ngaji hingga ashar,” kata Prisman – sahabat Ady.

Sudah bertahun-tahun Hj. Tuti mengajarkan baca iqro dan menulis latin pada anak-anak pemulung Tanah Kebon. ”Kasihan mereka, anaknya baik-baik. Mereka juga aset bangsa dan butuh perhatian kita semua,” ujar Hj. Tuti saat dihubungi lewat telepon.

Potret kehidupan Ady dan kawan-kawan ini terekam saat Rumah Zakat Indonesia cabang Tangerang menggelar aksi Siaga Sehat di lingkungan Masjid Al Anshor, Tangerang. Untuk melayani 100 pasien dalam kegiatan ini, YouthCare Rumah Zakat menerjunkan 1 dokter, 3 apoteker, serta 4 relawan. Kegiatan dilakukan mulai pukul 10.00 – 12.00 WIB, yang dapat menangani berbagai keluhan dari warga.***

Entri Populer

 
News & Artikel Abu Hylmi © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here