Diberdayakan oleh Blogger.
 
Kamis, 21 Februari 2008

Berita dari Expedisi B.O.D.T..

0 komentar


Berita dari Ekspedisi B.O.D.T…



Tangerang, Relawan Rumah Zakat Indonesia Cabang Tangerang merupakan organisasi non profit yang bergerak dibidang sosial masyarakat, banyak kegiatan yang sudah dilakukan oleh Relawan RZI Cabang Tangerang diantaranya : Baksos dan Pengobatan Gratis, Pembinaan Adik Asuh, Siaga Bencana, melakukan penyuluhan terhadap desa binaan.

Untuk melakukan pola rekrutment serta peningkatan kinerja relawan, sehingga mampu menciptakan team work tangguh yang berbasis knowledge dan memunculkan mental building pada diri relawan, maka diadakan pelatihan basic out door training.

“kegiatan BODT merupakan sarana rekrutmen bagi para pemuda/i yang ingin bergabung menjadi relawan, walau hasil rakernas RZI pusat di bandung pada awal bulan januari merekomendasikan untuk tidak mengadakan Diksar relawan dengan alasan tertentu. Tidak membuat relawan cabang kehilangan ide,” ujar kang Cipto selaku kadiv. Kaderisasi.

“Sebenarnya kegiatan ini merupakan akomodir keinginan dari para peserta orientasi relawan yang dilakukan pada pertengahan Desember 2007, para relawan baru menghendaki diadakan Diksar, ujar kang Budi selaku sekretaris kegiatan BODT menjelaskan.

Keseriusan tersebut dibuktikan dengan “merekayasa” nama Diksar menjadi BODT (Basic OutDoor Training). Adapun materi BODT tidak berbeda jauh dengan materi Diksar. “penggantian nama diksar menjadi BODT sebenarnya untuk menghilangkan kecurigaan pusat dan lebih menghormati hasil rakernas” ujar kang Sholeh selaku koordinator acara BODT menjelaskan.

Basic Out Door Training, sebuah aktivitas kegiatan Outbound Training yang merupakan konsep pelatihan yang memanfaatkan alam terbuka untuk menyampaikan materi-materi pelatihan sesuai tujuan yang diharapkan. Metode ini memadukan unsur kerja sama, mengasah kreatifitas serta meningkatkan rasa percaya diri dan jiwa kepemimpinan.

Sebelum dilaksanakan BODT tim panitia melakukan survey dilokasi kegiatan. Berangkat dari base camp relawan pagi, 17 februari 2008 meluncur ke villa An-Nadzir Anyer sebelum dzuhur, kami ishoma. Setelah itu tim melakukan expedisi menelusuri bukit-bukit, jalan setapak, dan beberapa perkampungan. perjalanan membutuhkan waktu 3.5 jam, kami sampai ke camping ground Nurul Fikri mendekati maghrib.”salah satu materi BODT adalah long march dengan jarak tempuh +- 10 Km supaya para peserta bisa menghayati dan mengambil hikmah selama perjalanan.”

Maksud dari kegiatan tersebut adalah untuk melahirkan insan Relawan yang mempunyai kemampuan dan berpengalaman dalam bidangnya masing-masing, serta memberikan karya-karya yang kreatif, inovatif dan imajinatif dalam bentuk disain yang unik dan menarik.

Kami semua berdo’a semoga Allah SWT memberikan berbagai jalan kemudahan dalam kegiatan BODT, serta menghasilkan kader-kader dakwah sosial yang militan dan unggul yang siap membantu meringankan beban masyarakat yang masih termarjinalkan, aamiin, ucap para tim kompak...Berlari hingga ujung batas,..tetap semangat bahagiakan ummat...

Entri Populer

 
News & Artikel Abu Hylmi © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here