Diberdayakan oleh Blogger.
 
Selasa, 02 Oktober 2012

Dua Stasiun di Tangsel Direnovasi Total

0 komentar

TANGERANG – Dua stasiun kereta api di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan direvitalisasi awal 2013. Tujuannya agar warga Kota Tangsel banyak menggunakan kereta sehingga bisa mengurangi kemacetan.

Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany mengatakan, stasiun yang nyaman akan mendorong warga mau naik kereta ketimbang menggunakan angkutan kota (angkot) atau mobil pribadi.“Dari lima pengajuan revitalisasi stasiun di Tangsel, baru dua yang akan direvitalisasi dalam waktu dekat ini, yaitu Stasiun Rawabuntu dan Stasiun Jurangmangu,” kata Airin Rachmi Diany kemarin.

Menurut Airin, salah satu penyebab kemacetan di kotakota besar termasuk di kota penyangga, seperti Kota Tangsel, akibat kurang berimbangnya jumlah kendaraan dengan kapasitas jalan. “Oleh karena itu, perlu diterapkan langkah pelayanan sistem transportasi untuk solusi mengurai kemacetan. Bagi pengguna kendaraan pribadi, agar beralih ke transportasi massal, seperti kereta api,”jelasnya.

Renovasi stasiun dilakukan dengan meninggikan dan memperpanjang peron, menyediakan pintu masuk dan keluar untuk tiket, serta menyediakan fasilitas parkir lebih luas. “Untuk mendukung revitalisasi itu, pemkot bekerja sama dengan PT KAI, Bintaro Jaya, dan BSD, agar ikut melakukan pembenahan, di antaranya membangun underpass dan melebarkan jalan serta melakukan penertiban di sekitar stasiun. Areal parkir akan diperluas, agar makin banyak kendaraan yang bisa diparkir di stasiun itu,”ungkap Airin.

Di bagian lain, PT KCJ memenuhi janjinya untuk mengoperasikan rangkaian kereta khusus wanita (RKW) rute Bogor–Jakarta dan sebaliknya. Kereta tersebut beroperasi selama enam hari dengan 10 perjalanan.“ Kecuali hari Minggu dan hari libur, rangkaian KRL khusus wanita libur,” ujar Kepala Stasiun Bogor Eman Sulaiman. ● denny irawan/ haryudi

Sindo: Selasa, 02 October 2012

Entri Populer

 
News & Artikel Abu Hylmi © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here