Diberdayakan oleh Blogger.
 
Jumat, 06 Juli 2012

Harga Seragam Sekolah Memberatkan

0 komentar

 PONDOK AREN – Biaya pendaftaran siswa baru memang tak dipungut biaya apapun. Tapi, sekolah memungut biaya untuk seragam sekolah selangit. Besarnya antara Rp 500 ribu hingga Rp 750 ribu. Orang tua yang anaknya masuk SMP, mengaku keberatan dengan besarnya biaya ini.

Menanggapi hal ini, Ketua Komisi II DPRD Kota Tangsel Siti Chadijah mengatakan, biaya gratis hanya untuk operasional, sedang untuk biaya personal pemerintah belum mampu menggratiskan. “Saat ini biaya personal yang sering dikeluhkan orang tua siswa, yaitu pembelian seragam yang dikoordinir sekolah,” kata Siti, usai dialog penguatan kebijakan pendidikan untuk masyarakat di SMP Terbuka Ibnu Sina, Jalan Riau Kampung Barat, Pondok Pucung, Pondok Aren, Kamis (5/7).

Menurut Siti, seharusnya ada transparansi soal harga seragam. Seharusnya untuk seragam, siswa dapat membeli sendiri diluar sekolah, kecuali untuk batik dan pakaian olah raga. Jadi tidak terkesan ada bisnis di sekolah. Adanya ketentuan harga seragam sekolah telah ditentukan lewat rapat komite.

“Komite seharusnya menjadi jembatan antara pihak sekolah dengan orang tua siswa. Jangan sampai komite itu jadi alat legalitas sekolah,” ujarnya.

Siti menjelaskan, dalam mengambil keputusan di komite, pihaknya sudah melakukan himbauan kepada komite, apa sebenarnya fungsi komite. “Kami sudah kasih arahan, jangan ada politisasi walaupun pungutan itu untuk mutu. Komite harus bijak, jangan paksa orang tua yang tidak mampu,” jelasnya.

Siti menyatakan, sanksi bagi sekolah yang memberatkan orang tua siswa, sudah ada di Dinas Pendidikan, seperti teguran secara bertahap bagi pihak sekolah yang ketahuan melakukan pungutan yang memberatkan orang tua siswa.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Tangsel Kuswanda mengatakan, ke depan bantuan untuk tiap siswa SMP yang sebelumnya Rp 50 ribu per bulan menjadi Rp 100 ribu per bulan dari APBD. Selain itu, bantuan dari CSR berupa buku pelajaran. “Bagi pihak sekolah, silahkan ajukan buku yang dibutuhkan,” katanya.

Sumber : Tangerang Ekspres/ Hal. 5 dan 10/ Jumat, 6 Juli 2012.

Entri Populer

 
News & Artikel Abu Hylmi © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here