Diberdayakan oleh Blogger.
 
Jumat, 08 Juni 2012

Sisa Lebih Penggunaan Anggaran Pemkot Tangsel Rp 430,7 M

0 komentar


SETU – Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Tangsel 2011 sebesar Rp 1,5 triliyun. Namun masih tersisa Rp 430,7 miliar dan menjadi sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa). Sisa anggaran 28 persen itu terjadi karena ada beberapa program yang sudah direncanakan tidak terlaksana. Otomatis anggaran yang sudah disediakan tidak terpakai.

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany menjelaskan, Silpa sebesar itu tak semua karena program yang tidak dilaksanakan oleh sejumlah dinas atau badan Pemkot Tangsel. “Silpa ini bukan saja karena tidak terlaksananya anggaran, tetapi karena jumlah pendapatan yang kita targetkan melebihi target,” katanya, usai menyampaikan Laporan Pertanggung Jawaban Penggunaan (LPJP) APBD 2011 Kota Tangsel di Gedung DPRD Kota Tangsel, Kamis (7/6).

Airin mengakui, ada juga sejumlah program pembangunan yang tidak terealisasi. Salah satunya rencana pengerjaan pelebaran yang akhirnya dihentikan. Anggaran yang sudah disiapkan tidak terpakai dan menjadi penyumbang Silpa.

Dibeberkan Airin, kelebihan target tersebut adalah pendapatan daerah, semula ditargetkan Rp 1,3 triliun lebih, ternyata menjadi Rp 1,4 triliun. Sehingga terjadi kelebihan target Rp 100 miliar. “Komponen pendapatan daerah tersebut terdiri dari pendapatan asli daerah, pendapatan transfer dan lain-lain pendapatan yang sah,” katanya.

Pertama, lanjutnya Pendapatan Asli Daerah (PAD). Dalam APBD 2011, PAD ditargetkan sebesar Rp 307,1 miliar lebih, ternyata target tersebut terlampau menjadi Rp 420, 6 miliar lebih. Kedua, pendapatan trabsfer. Semula hanya sebesar Rp 966,7 miliar, dan setelah dilaksanakan dapat terealisasi sebesar Rp 1,04 triliun lebih. “Pendapatan transfer daerah ini, berasal dari pemerintah pusat, dan Pemerintah Provinsi Banten,” imbuhnya.

Sumber : Tangerang Ekspres/ Hal. 1&14/ Jumat, 8 Juni 2012

Entri Populer

 
News & Artikel Abu Hylmi © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here