Diberdayakan oleh Blogger.
 
Kamis, 07 Juni 2012

Udara di Tangsel Makin Tercemar

0 komentar

 PAMULANG – Udara di Tangsel rasa-rasanya semakin tercemar, menyusul banyaknya kendaraan pribadi tak lolos uji emisi namun tetap beroperasi. Setidaknya hasil uji emisi yang digelar Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) di sejumlah titik di Tangsel. Uji emisi dilakukan terhadap sejumlah kendaraan pribadi baik yang berbahan bakar solar maupun bensin.

“Dari hasil uji emisi ini kebanyakan yang berbahan bakar solar tidak lulus uji emisi,” ungkap Kepala Sub Bidang Pengawasan Dampak Lingkungan, Limbah Padat, Kebisingan, Getaran dan Kebauan BLHD Tangsel, A. Rizal AZ, Rabu (6/6).

Uji emisi merupakan rangkaian dari peringatan hari lingkungan hidup se-dunia. Di Tangsel sendiri ada tiga titik pelaksanaan uji emisi yakni Pamulang, Ocean Park dan Bintaro. “Target uji emisi kami adalah 1000 kendaraan yang melintas,” imbuh Rizal.

Adapun kreteria lolos tidaknya uji emisi yakni untuk mobil tahun2007 ke atas kadar CO maksimal 1,5 persen, dan kadar HC maksimal 200 ppm. Sedangkan untuk mobil di bawah 2007 kadar CO maksimal 4,5 persen dan HC 1200 ppm. “Jika melebihi itu berarti di atas ambang baku mutu sehingga dianggap tidak lolos,” terang Rizal.

Meski uji emisi sering dilakukan, namun Rizal mengakui masih ada saja kendaraan yang tidak lolos uji emisi. Ketidakadaan payung hukum yang mengatur hal ini membuat penyadaran terhadap warga pemilik kendaraan untuk merawat kendaraannya sedikir sulit.

“Perda yang mengatur hal ini perlu. Agar dapat mengurangi polusi akibat dari kendaraan bermotor di Tangsel, sebagaimana yang dilakukan sejumlah daerah lain dengan sanksi seperti penahanan SIM,” imbuh Rizal.

Sumber : Tangerang Pos/ Hal. 1/ Kamis, 7 Juni 2012

Entri Populer

 
News & Artikel Abu Hylmi © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here