Diberdayakan oleh Blogger.
 
Rabu, 06 Januari 2010

Cake House Cibaduyut, Belajar Adonan Gagal

0 komentar

BANDUNG. Cake House merupakan program pemberdayaan masyarakat di wilayah Integrated Community Development (ICD) atau desa binaan Rumah Zakat, program Cake House meliputi pelatihan pembuatan kue, produksi dan pemasaran. Hal ini untuk membantu masyarakat kurang mampu agar lebih berdaya dan mandiri. Program latihan ini dilakukan dua pekan sekali dengan menghadirkan instruktur yang berpengalaman di bidang kue dan makanan.

Seperti halnya pelatihan Cake House di ICD Bojongloa Kidul, ibu-ibu PKK kelurahan Cibaduyut, tidak hanya belajar satu jenis kue saja, tapi lebih kepada dasar pendalaman macam-macam adonan. Mengenal karakter adonan menjadi dasar penting untuk membuat jenis kue yang diinginkan.

”Bahkan, pelatih sengaja meminta untuk membuat adonan yang gagal, tujuannya supaya peserta pelatihan mengetahuinya, proses pengolahan dari komposisi bahan hingga durasi mixering mempunyai takaran tersendiri. Jika tidak memenuhi cara yang benar, maka hasilnya akan gagal meski bentuknya kue benar,” kata Yudi Juliana, Marketing Support Rumah Zakat Regional Jabar. Rabu (06/01).

Menurutnya, Pentingnya mengenal adonan seperti ini diterapkan di Cake House Cibaduyut, ibu-ibu disini tidak hanya mengenal dan membuat jenis kue tertentu saja, tapi semua kue bisa dibuat asal mengetahui dulu jenis kuenya.

Ibu-ibu yang sebelumnya tidak mempunyai keahlian, setelah mengikuti pelatihan di awal Desember 2009 lalu, kini sudah mulai membuat kue keinginannya. ”Sekarang ini mereka sedang mendalami cara menghias kue yang menarik,” jelas Yudi.

Pelatihan dengan konsep dasar adonan ini ternyata lebih menggali kreatifitas peserta dalam membuat kue. Program cake house yang diselenggarakan di Cibaduyut ini hasil kerja sama PT. PLN dan Rumah Zakat Indonesia. (yud)***

Entri Populer

 
News & Artikel Abu Hylmi © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here