Diberdayakan oleh Blogger.
 
Selasa, 08 Desember 2009

SD Juara Gelar UAS Serentak Di 8 Kota

0 komentar

JAKARTA. Sekolah Dasar Juara merupakan model sekolah unggulan binaan Rumah Zakat Indonesia yang berdiri pada tahun 2007. Model sekolah unggulan ini hanya diperuntukkan bagi anak-anak usia sekolah dari keluarga tidak mampu. Sejak Senin (7/12) telah menyelenggarakan Ujian Akhir Semenster (UAS) serempak di 8 kota yaitu di Medan, Surabaya, Yogyakarta, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Bandung dan Cimahi serta Pekanbaru. UAS ini akan berakhir pada Jumat (11/12).

Untuk menghasilkan nilai yang maksimal, para Guru dan siswa telah melakukan berbagai persiapan. Seperti di SD Juara Cimahi, penyelenggaraan UAS dibuat sedikit berbeda dengan pelaksanaan UAS sebelumnya. Disebut spesial karena sebelum pelaksanaan UAS, para guru, siswa dan wali murid terlebih dahulu melakukan doa bersama serta tilawah Al Quran secara berjamaan di masjid.

Arif Taat Ujianto, Kepala Sekolah SD Juara Cimahi mengatakan bahwa, para orang tua murid juga diminta untuk memberikan motivasi pada anaknya masing-masing. ”Kegiatan ini bertujuan untuk menambah semangat dan percaya diri anak, ” katanya di Cimahi Selatan. Selasa (12/8).

Ia mengungkapkan, setiap pertemuan kelas para guru juga selalu memotivasi murid-muridnya supaya menjadi lebih siap. ”Target SD Juara Cimahi kali ini adalah memperkecil jumlah siswa yang di remedial dari pelaksanaan (ujian semester) sebelumnya. Insya Allah kami bisa,” ujarnya penuh harap.

Sementara itu, hari pertama UAS di SD Juara Medan berjalan lancar. Hal ini terlihat dari antusiasme siswa-siswi kelas 1 hingga kelas 3 dalam mengerjakan soal ujian yang diberikan. ”Di hari pertama kemarin (7/12) ada 2 mata pelajaran yang diujikan, yaitu Bahasa Indonesia dan SBK (Seni Budaya Kesenian),” kata Efriani, Kepala Sekolah SD Juara Medan.

Ia mengungkapkan, berbeda di hari biasa tentunya siswa siswi ini tampak serius dan terlihat begitu tegang, mereka sangat berhati-hati dalam menjawab pertanyaan demi pertanyaan. ”Sebelum ujian guru pengawas telah memberikan pesan supaya siswa dapat memberikan jawaban terbaiknya dengan benar dan tepat,” jelasnya.

Efriani menyatakan, bahwa kegiatan UAS ini merupakan harapan para guru setelah memberikan disiplin ilmu selama kurang lebih 6 bulan lamanya.”Saat inilah para guru akan melihat kemampuan siswa-siswinya dalam menyerap ilmu yang telah diberikan,” terangnya.

Dikunjungi Warga Jepang
PT Sompo Japan Insurance Indonesia merupakan salah satu dari 100 perusahaan internasional terbaik dalam bidang jasa asuransi. Pada akhir November 2009 rombongan PT Sompo Japan Insurance Indonesia yang terdiri dari Mr. Shigeru Kobayashi (President Director), Mr. Takamiya (Sompo Japan Foundation - Japan), Mr. Toru Ijichi (Claim & Finance Director), Ms. Niki Niti Aji, Mr. Martin Eran, berkunjung ke SD Juara Jakarta Selatan di Jalan Kebagusan I RT 02/02 No. 39 Kel. Kebagusan Kec. Pasar Minggu.

Rombongan ini disambut hangat oleh Keluarga Besar Rumah Zakat Indonesia yang diwakili oleh dr. Pamungkas Hendara Kusuma, Vice CEO Rumah Zakat Indonesia, Asep Nurdin, Head of Regional Jakarta Barat, Damsir Besari, Kepala Sekolah SD Juara, dan Branata, Program Development Departemen Head.

Saat rombongan yang dipimpin oleh Mr. Takamiya tiba di SD Juara Jaksel pukul 14.00 WIB, tim perkusi SD Juara langsung menyambutnya dengan menampilkan seni musik perkusi yang terdiri dari alat musik drum dan botol bekas air mineral. Dan sepertinya rombongan orang Jepang ini sangat terkesima dengan performance seni musik perkusi siswa SD Juara. Setelah itu salah satu perwakilan dari siswa memberikan seikat bunga sambil mengucapkan selamat datang dalam bahasa Inggris. ”Welcome to SD Juara Mr Takamiya,” kata Robi Aqil Munawar, Kelas 2 SD Juara Jakarta Selatan penuh percaya diri.

Kemudian rombongan ini dipersilahkan untuk meninjau langsung aktivitas belajar mengajar di kelas 1 hingga kelas 3. Setelah itu dilanjutkan dengan rapat bersama untuk kemungkinan kerjasama program.

Dr Pamungkas, Vice CEO Rumah Zakat Indonesia mengatakan bahwa, tujuan dari PT Sompo Japan Insurance Indonesia ke SD Juara Jaksel adalah untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai perihal kesejahteraan sosial di Indonesia, kemudian juga untuk mengetahui sampai sejauh mana kontribusi Rumah Zakat Indonesia dalam hal kesejahteraan sosial (pendidikan, kesehatan).***

Entri Populer

 
News & Artikel Abu Hylmi © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here