Diberdayakan oleh Blogger.
 
Minggu, 11 Oktober 2009

Jakarta Forum CSR, Solusi Permasalahan Jakarta

0 komentar
JAKARTA. Untuk menghimpun semua unsur untuk bersama-sama mengentaskan permasalah Indonesia maka digagaslah Corporate Forum Community Development (CFCD), forum ini terdiri dari unsur pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat (tripartid). Dalam work shop yang digelar oleh Dinas Sosial dan CFCD, Senin (3/8) lalu diperoleh kesimpulan bahwa forum ini harus terus diperkuat.

Hisyam Sulaiman, Ketua Umum Jakarta Forum CSR, mengatakan untuk menanggulangi berbagai permasalahan di Jakarta seperti, kemiskinan, pengangguran, dan banjir tahunan, maka dibentuk Jakarta Forum CSR, forum ini akan bekerjasama dengan unsur tripartid untuk sinergi program bersama, dan Jakarta sendiri akan dijadikan model percontohannya. ”Untuk skala nasional gerakan ini bernama CFCD, dan nantinya juga akan dibentuk forum serupa di kota lain seluruh indonesia, misalnya Bekasi Forum CSR, Bandung Forum CSR dan seterusnya,” kata Hisyam di sela-sela rapat koordinasi Gelar Karya Pemberdayaan Masyarakat di gedung Bakrie Untuk Negeri lantai 2, Jakarta. Rabu (5/8).

CFCD, tambahnya, digagas untuk menggugah kepedulian bersama didasari semangat kekeluargaan dan kegotong-royongan. Karena selama semua unsur masih bekerja sendiri-sendiri dalam penanggulangan kemiskinan sehingga kurang maksimal. ”Kita melihat masalah kemiskinan terjadi sejak zaman kemerdekaan hingga orde reformasi ini, akan tetapi belum bisa tertanggulangi karena kita bekerja sendiri-sendiri dengan organisasinya masing-masing. Kenapa semua unsur yang ada tidak bekerjasama saja?”

Ia menambahkan, sebenarnya cikal bakal dari forum ini adalah saat Monas Declaration pada 27 Desember 2007 lalu di depan Gubernur DKI Jakarta yang menghasilkan enam point, salah satu point terpenting adalah CFCD siap berpatner dengan pemerintah untuk menyelesaikan permasalahan Jakarta.

Walau secara organisasi CFCD belum diresmikan, namun sudah melakukan gerakan parsial sejak 2008 dengan menerbitkan buku pedoman CFCD. Saat ini forum ini terus diperkuat dengan program-program internal dan eksternal. “Untuk program internal, dengan menyamakan persepsi dari semua unsur CFCD (dunia usaha, pemerintah, dan masyarakat) soal CSR. Melalui program sosialisasi dalam temu forum tiap tiga bulan sekali. Kemudian, Capacity Building, melalui pelatihan peningkatan kapasitas social interpreuner melalui work shop, pagelaran dan pameran CSR.

Sedang untuk program eksternal, Hasyim menjelaskan bahwa CFCD akan membuat program-program bersama untuk menangani berbagai permasalahan Jakarta. Kemudian kita ajak unsur masyarakat seperti Rumah Zakat Indonesia dan lembaga lain untuk bersinergi dalam penanggulangan berbagai permasalahan. “Masalah kemiskinan masih terus terjadi, padahal baik pemerintah maupun unsur lain sudah mengelurkan dana yang tidak sedikit. Tapi tidak ada pemberdayaan. Yang miskin tetap miskin.”***

Entri Populer

 
News & Artikel Abu Hylmi © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here