Diberdayakan oleh Blogger.
 
Minggu, 25 Oktober 2009

Budidaya Ikan Lele Di ICD Centre Tangerang

0 komentar

TANGERANG (25/10). Untuk mengoptimalkan pemberdayaan potensi masyarakat di desa binaan atau Integrated Community Development (ICD), Rumah Zakat Indonesia Tangerang kembali membuka peluang usaha bagi masyarakat di ICD Centre Selapajang Tangerang dengan membuat kolam ikan untuk budidaya ikan lele.

“Melihat area ICD Centre Tangerang yang luas, sejak akhir Desember 2008 ada upaya dari kami untuk menjadikan ICD tersebut menjadi Home industri,” kata Muhammad Irvan Bakrie, Mustahik Relations Officer (MRO) Tangerang, di Tangerang.

Menurut Irvan, saat ini di halaman belakang ICD sudah dibuat kolam ikan Lele dan siap untuk menampung bibit-bibit ikan lele. Sebagai permulaan pencananya pada Rabu (18/02) akan disebar sekitar 300 bibit ikan lele.

“Sedangkan untuk pemeliharaannya cukup sederhana, setiap hari bibit ikan diberi makan pelet hingga tiga kali. Dalam waktu 45 hari bibit lele bisa di panen. Dari tiga ratus bibit ikan bisa menghasilkan tiga puluh hingga empat puluh kilo dan setiap kilonya dihargai Rp 14.000. Setelah itu hasil panen akan dijual ke pedagang pecel lele di Tangerang,” imbuhnya.

ICD Centre Tangerang berdiri sejak November 2008, dengan luas tanah 300 meter persegi. Hampir setiap pekan aktivitas ICD Centre Tangerang di Selapajang Tangerang selalu di penuhi oleh kegiatan kemasyarakatan. Saat ini kegiatan yang sudah berjalan dan melibatkan masyarakat sekitar ICD seperti kerja bakti warga, pelatihan perkusi dan kaligrafi untuk anak-anak dan pemuda, dan untuk ibu-ibu juga disediakan pelatihan merajut membuat taplak meja. Kemudian untuk pembangunan sarana infrastruktur juga di bagun WC umum dan renovasi gedung mushola.#

Entri Populer

 
News & Artikel Abu Hylmi © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here