Diberdayakan oleh Blogger.
 
Rabu, 16 April 2008

Rumah Zakat Tangerang Peduli Air Bersih

1 komentar

Tangerang Berdaya-Air merupakan sumber kehidupan manusia, air yang kotor dan tidak sehat bisa menimbulkan berbagai macam penyakit. Di desa Sela Panjang Kecamatan Neglasari Kota Tangerang kualitas air bersihnya sangat membahayakan.

Berdasarkan pemantauan dari M. Irvan Bakrie selaku RFO Rumah zakat Indonesia Cabang Tangerang bersama beberapa relawan, ”penduduk yang ada di RT01/07 Kelurahan Sela Panjang, kebanyakan rumahnya tidak dilengkapi dengan sumur dan kamar mandi, kalau mereka mau buang hajat dan mencuci pakaian langsung di sungai, padahal kualitas sungainya tidak menyehatkan.”

Desa yang dihuni oleh 60 KK ini, kebanyakan berprofesi sebagai buruh kasar, mereka beralasan pendapatan yang minim tidak memungkinkan untuk membuat kamar mandi sendiri. “aduh pak, abdi mah tea gardo acis, boro-boro bikin kamar mandi mencukupi kebutuhan sehari-hari dan membiayai sekolah anak saja empot-empotan”, ujar pak Sapei warga setempat.

Menurut pak Aris (48 tahun) ketua RW setempat, mengatakan, “kami selaku aparat desa sudah berusaha memberikan pemahaman kepada para warga tentang pentingnya pola hidup sehat, tetapi kebanyakan warga mengeluh karena tidak punya biaya untuk membuat sumur dan kamar mandi sendiri, kami juga menyadari bahwa kebanyakan warga tingkat perekonomiannya dibawah rata-rata”

“rumah yang dilengkapi dengan sumur dan kamar mandi bisa dihitung dengan jari, dan seandainya ada kamar mandi juga tidak beratap dengan tinggi tembok tidak mencapai 1 meter, warga lebih suka melakukan bersih-bersih di sungai, sebenarnya menyejahterakan warganya merupakan tanggung jawab pemerintah daerah, tetapi hingga hari ini belum ada tanda-tanda pemkot (Pemerintah Kota) akan memberikan bantuan ke desa ini,” ungkap pak Rohim salah satu tokoh masyarakat.

Untuk itu, Rumah Zakat Indonesia Cabang Tangerang membuat program Water Well kepada warga desa RT 01/07 Sela Panjang, berupa pembuatan kamar mandi umum dan sumur atau sumber air bersih, “Rumah zakat Indonesia Cabang Tangerang sudah membuat dua titik bangunan, titik 1 (satu) merenovasi kamar mandi yang sudah ada tetapi belum beratap dan temboknya kurang tinggi. Dan titik ke dua (2) memperbaiki kamar mandi yang tidak terawat dan airnya tidak mengalir. ” ujar ’Chie;’ RFO Tangerang.

Kini warga setempat lebih nyaman mengkonsumsi air minum sumur, dan lebih nyaman ketika mandi. “semenjak perbaikan sumur dan pembuatan kamar mandi, saya sudah tidak lagi bersih-bersih di sungai lagi”, ungkap Maymunah ibu rumah tangga .

One Response so far.

  1. MP3 e MP4 says:

    Hello. This post is likeable, and your blog is very interesting, congratulations :-). I will add in my blogroll =). If possible gives a last there on my blog, it is about the MP3 e MP4, I hope you enjoy. The address is http://mp3-mp4-brasil.blogspot.com. A hug.

Entri Populer

 
News & Artikel Abu Hylmi © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here