Diberdayakan oleh Blogger.
 
Rabu, 28 November 2007

kenali dirimu !

1 komentar

Kenalilah Dirimu…!!

Artinya engakau harus mengenali bakat atau potensi yang diberikan Allah SWT kepadamu. Lalu, memanfaatkan sesuai dengan kodratnya masing-masing, baik dalam bentuk ilmu, amal maupun pekerjaan. Karena batapapun setiap orang mengetahui tempat minumnya, dan setiap manusia di bumi ini bermacam-macam jenisnya.

Orang yang berakal dan berfikir akan berhasil menguasi bidang yang digelutinya dengan tekun dan istikomah. Seseorang bisa karena biasa, barang siapa memperhatkan kehidupan para sahabat Rasululah, niscaya akan medapati bahwa setiap diri mereka memiliki keunggulan dibidang masing-masing. Abu Bakar menjadikan ghanimah menjadi satu bagian. Akan tetapi, dalam menjalankan roda kekhalifahan dan kepemimpinan, ia menjalankannya dengan adil, zuhud, ikhlas dan jujur.

Umar bin Khatab, keras terhadap musuh-musuhnya dan adil dalam pemerintahannya. Utsman seorang yang penyayang, selalu tahajud dan sedekah, baik dengan sesama, pemalu dan lembut. Dan Ali seorang yang berani, tagas, dan bicaranya lembut, cerdas, dan menguasai ilmu agama dengan baik.

Ubay tuan para fakir miskin, mu’azdz penghulu para ulama, Khalid panglima perang terkemuka, Ibnu Abbas penafsir Al-qur’qn ternama, Hasan tokoh kebanggan para penyair, Zaid ibnu Tsabit ulama faraid terbesar, Abu Hurairah guru periwayat hadis terkemuka, guru para penafsir hadist.

Maka, pahamilah dirimu dan tekunilah kemahiran, pengalaman, pekerjaan, dan kehidupanmu.

Buku bisa menganjurkan hal-hal yang bijak, namun ia tidak pernah melahirkan orang-orang bijak. Orang-orang yang istimewa dalam hal ilmu dan seni tidak hanya belajar di sekolah formal, namun mereka juga belajar disekolah kehidupan.

Buku tentang bicara berenang memang menguraikan cara-cara berenang yang baik, namun ia tidak dapat mejadikan orang yang tidak bisa berenang selamat dari berenang. Jalan keluar yang paling baik adalah turun kesungai dan belajar langsung didalamnya.

Jika engkau ingin menjadi pakar dibidang tertentu, baik dalam bidang keilmuan, pekerjaan maupun ketrampilan, selamilah dirimu dahulu, larutlah didalamnya. Sebab, semua manusia merindukan yang sesuatu pasti akan berusaha keras meraihnya sendiri sebagaimana dikatakan dalam syair berikut :

Lelaki sejati adalah orang yang

Tiada butuh kepada lelaki lain.

Jangan pernah berfikir bahwa semua kesuksesan akan mendatangkan keuntungan materiil yang melimpah di atas piring emas. Sebab, kemenangan terburuk adalah justru kemenangan yang diukur dengan keuntungan duniawi :

Kemenangan yang terburuk adalah kemenangan orang bodoh,

Yang mengukurnya dengan hasil dagangannya

Kesuksesan yang berharga adalah kesuksesan yang diraih dengan bekerja keras, keringat, kesulitan, air mata, darah, begadang, lelah, perjuangan dan pengorbanan. Abu Thayyib berkata :

Kalau tidak ada kesulitan, semua manusia pasti bahagia,

Kemuliaan itu dicari, keberanian itu butuh pengorbanan

Air yang tergenang pasti berbau busuk dan berubah rasanya. Namun, jika mengalir, ia akan jernih dan segar rasanya.

Seorang penyair berkata ;

Engkau ingin mencapai kemuliaan dengan mudah

Tentu saja engkau harus mersakan sengatan lebah

Maka bersegeralah sebelum engkau tutup usiamu !

Dan ingatlah bahwa tidak ada kata untuk istirahat

Siang dan malam :

Jangan katakan : anak muda masih panjang jalannya

Renungkanlah, berapa anak muda yang telah kau kubur.

Sumber : Rahasia sukses orabg-orang besar

One Response so far.

  1. izzuj says:

    “Jadilah seorang kesatria yang kokoh berdiri di atas tanah Namun cita-citanya tinggi menerawang hingga menancap di atas langit”

Entri Populer

 
News & Artikel Abu Hylmi © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here