Diberdayakan oleh Blogger.
 
Jumat, 02 Juli 2010

PRESS RELEASE : Kemah Juara Nasional, 5.554 Anak Juara Belajar Pede dan Mandiri

0 komentar
JAKARTA – Bagi keluarga mampu, liburan adalah hal yang mudah dilakukan, kemanapun mereka bisa mengajak keluarganya ke berbagai tempat tujuan wisata di dalam dan luar negeri. Namun bagaimana dengan keluarga kurang mampu yang untuk makan sehari-hari saja sulit, anak-anak dari keluarga ini cenderung sulit menikmati yang namanya liburan. Padahal kata orang masa kecil adalah masa paling indah untuk bermain dan berkreasi.

Banyak dari mereka menghabiskan masa kecilnya untuk bekerja banting tulang membantu orang tuanya meskipun bukan paksaan tapi lebih karena tuntutan kebutuhan. Tidak sedikit dari anak-anak ini yang berprestasi dan tentu saja ingin berlibur khususnya saat liburan sekolah tiba sebagai ajang refreshing.

Inilah yang menjadi salah satu pemicu terus diselenggarakannya program tahunan Kemah Juara. Sejak tahun 2002 program ini telah memberikan senyum keceriaan bagi anak asuh Rumah Zakat khususnya yang berasal dari keluarga kurang mampu. Tahun ini tema yang dipilih adalah Pede dan Mandiri yang merupakan rangkaian program utama program Merangkai Senyum Indonesia.

Event ini sendiri berlangsung serentak di 17 kota, diikuti 5.554 anak juara dari Aceh hingga Papua. Dan tentu saja mereka berasal dari berbagai latar belakang yang beragam, anak yatim, piatu atau yang berasal dari keluarga kurang mampu yang tentu sangat ingin merasakan nikmatnya liburan sekolah dengan berbagai permainan yang mengasah ketrampilan dan skill. Anak-anak ini akan mengikuti berbagai kegiatan yang diformat dalam rangkaian aktivitas outdoor tematik selama tiga hari. Tema dan kurikulum kegiatan disusun untuk mengaktualisasikan materi pendidikan dan pembinaan anak juara Rumah Zakat. Tujuannya adalah mengembangkan dan memotivasi rasa percaya diri anak, merangsang daya pikir dan kreativitas anak, dan eksplorasi kemampuan diri anak sejak dini, serta menumbuhkan jiwa entrepreneur sejak dini.

Berpusat di Bumi Perkemahan Cibubur
Selain berlangsung di berbagai daerah, sejak 3 tahun yang lalu Kemah Juara dipusatkan di Bumi perkemahan Cibubur, dimana setiap cabang mengirimkan 16 peserta terbaik mewakili cabangnya untuk bergabung di Kemjurnas di Cibubur. Hingga mereka dapat bergabung bersama 1600 anak asuh. Kegiatan Kemah Juara sudah dimulai sejak Kamis (01/07) dengan materi utama adalah city adventure, kegiatan ini khusus diikuti peserta dari daerah yang belum pernah mengenal Kota Jakarta, para peserta akan melakukan perjalanan keliling Jakarta dengan rute bus way tanpa dibimbing panitia. Diharapkan dengan permainan ini, akan muncul rasa pede dan keberanian pada diri anak. Selain itu, mereka juga akan mengikuti berbagai kegiatan yang diformat dalam rangkaian aktivitas outdoor tematik selama tiga hari. Tema dan kurikulum kegiatan disusun untuk mengaktualisasikan materi pendidikan dan pembinaan anak juara Rumah Zakat.

Makin Pede dan Mandiri Dengan Nuansa 4 Negara
Tema “Lebih Pede, Lebih Mandiri” diusung dengan nuansa empat negara yakni Indonesia, Cina, Jepang dan India. Keempat negara ini dipilih karena memiliki karakteristik yang unik yakni mewakili negara agraris dan bahari, negara teknologi dan informasi, negara industry kain dan film, dan negara perdagangan dunia.

Seluruh anak juara akan berinteraksi dalam permainan simulasi ekonomi, menggunakan mata uang sesuai asal negaranya. Berbagai aktivitas program yang diselenggarakan antara lain moving country, yakni sebuah kegiatan perjalanan bisnis ke negara-negara bisnis untuk belajar tentang kemajuan dan budayanya serta semangat entrepreneur di negara tersebut sebagai titik tekan.

Kemudian business adventure, atau disebut business challenger dimana Kegiatan menjual produk (how to sale) merupakan pengalaman langsung peserta bersentuhan dengan persaingan dan strategi pasar dilapangan menjadi titik tekan kegiatan, dilakukan diluar lokasi perkemahan (pasar) dengan radius jarak lebih dari 5 km.

Ada juga kegiatan entrepreneur journey ,merupakan internalisasi karakter entrepreneur Rasullulah SAW dalam diri peserta kemah juara sebagai titik tekan kegiatan di hari pertama. Kegiatan ini bertujuan melatih mental anak asuh dan melatih kepemimpinan. Teknis acara dilakukan dengan cara menutup mata peserta dan berjalan dipandu oleh mentor masing kelompok dan melewati pos-pos yang ada, disetiap pos mental dan cara kepemimpinan di uji.s

Selain itu, ada kegiatan bussiness and motivation, yakni belajar langsung dari para pelaku bisnis tentang bagaimana dapat menjadi seorang entrepreneur sukses. Untuk melatih keberanian dan kekompakan tim, ada kegiatan outbound training, character and team building. Dihari terakhir ada kegiatan pentas seni, sebagai media untuk saling mengenal, aktualisasi potensi dan bakat yang dikemas secara teratur, menarik dan syarat makna. Acara ini juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk mempromosikan produk dan saling mengenal sasama penjual dan lebih akrab dengan konsumen (peserta).

Diharapkan dengan konsep yang memadai akan mengarahkan anak untuk dapat mengoptimalkan potensi anak sehingga mampu menjadi bekal dan pribadi yang mandiri dan pede di masa sekarang maupun masa datang.***

Entri Populer

 
News & Artikel Abu Hylmi © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here