Diberdayakan oleh Blogger.
 
Kamis, 29 Oktober 2009

Memperingati Sumpah Pemuda, 200 Calon Relawan Ikuti Diksar

0 komentar

JAKARTA (29/10). Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-81, Rumah Zakat Indonesia Divisi Community Development menyelenggarakan Diksar pada 30 hingga 01 November 2009 di Resort Lido Bogor. Acara ini akan di ikuti sekitar 200 calon relawan dari DKI Jakarta, Bogor, Bekasi, dan Cikarang. Para peserta akan dilepas oleh Jaya Saputra, Head of Regional Jakarta Raya Timur di depan kantor Rumah Zakat Indonesia Cabang Matraman, Jum’at (30/10).

Linda Fitriyani, Program of Regional Jakarta Timur menyatakan bahwa, untuk memfasilitasi para pemuda yang suka bergerak di dunia sosial masyarakat, Rumah Zakat Indonesia menfasilitasinya dengan Kampus Relawan yang meliputi berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat. “Disini para pemuda bisa menyumbangkan tenaga dan kreatifitasnya untuk memberikan pertolongan kepada masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya di Jakarta, Kamis (29/10).

Menurutnya, acara diksar merupakan agenda tahunan Rumah Zakat Indonesia. “Acara ini juga sebagai rangkaian dari kegiatan ERT ( Emergency Resque Team ) bagi para pemuda yang haus akan tantangan dan berjiwa sosial,” katanya.

Linda menjelaskan, pelatihan Community Development bertujuan untuk mencetak para fasilitator atau pendamping pemberdayaan masyarakat. Sedangkan untuk pelatihan ERT para peserta akan diajarkan skill untuk penanggulangan bencana baik di air maupun darat, serta penanggulangan siaga bencana yang lebih fokus pada penyaluran sandang pangan dan papan atau infrastruktur.

Dihari pertama para peserta dari berbagai daerah ini akan tinggal di lingkungan masyarakat dan ada juga yang membuat bivak. “Dalam materi Commdev para peserta akan melakukan studi kasus masyarakat desa, memetakan masalah kemudian memecahkan solusinya,” terang alumni IPB ini.

Sementara, acara diksar ini dilakukan secara nasional serentak di 44 kantor cabang Rumah Zakat Indonesia di seluruh Indonesia pada bulan Oktober 2009. “Diharapkan diksar ini mampu mendorong rasa percaya diri para relawan dan wawasan bagai mana cara melakukan pendampingan pemberdayaan masyarakat serta penanggulangan bencana yang sering terjadi di Nusantara ini,” harap Linda.***

Entri Populer

 
News & Artikel Abu Hylmi © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here