Diberdayakan oleh Blogger.
 
Senin, 10 Desember 2007

Pencerahan Untuk Pemuda Islam

1 komentar
Pencerahan Untuk Pemuda Islam

Oleh: Ustadz Musthafa Muhammad Thahan
Semoga Allah SWT memberikan keberkahan bagi kita, dan memberikan kemenangan bagi Islam sebagaimana Andalusia berhasil dimasuki oleh Islam. Ameen

Menyimak nasyid "Nasyiduna" sebagai sebuah lagu yang dapat membangkitkan semangat, inilah sesungguhnya nasyid. Hal ini kadang ironis, saya sering menyaksikan umat Islam menyanyikan nasyid yang salah.

Saat ini, penjara di Amerika masih banyak diisi oleh aktivis dakwah Islam. Saya tidak menakuti anda semua akan hal ini, tetapi justru kita harus berjuang lebih keras lagi. Organisasi yang berkuasa saat ini adalah organisasi yang diatur oleh Pentagon, dimana mereka mengkhawatirkan akan ajaran Islam sebagai jalan kehidupan. Para analis di dunia ini menyampaikan bahwa Islam saat ini menjadi agama yang persebarannya paling cepat karena konsistensinya dalam bekerja. Jika ini benar-benar terus terlaksana, maka Islam akan kembali jaya.

Para diktator tahu, bahwa Islam akan kembali bangkit karena faktor kepemimpinan. Sebagai contoh dari Turki, Amerika terpaksa menurunkan Erbakan [1], karena dia melakukan "3 kesalahan". Yaitu :
1. Mendirikan kerjasama ekonomi dengan 8 negara Islam: Indonesia, Bangladesh, Pakistan, Malaysia, dll. Karena kerjasama ini maka akan membangkitkan perekonomian negara Islam, yang selama ini telah tergantung pada AS.
2. Erbakan membangkitkan perekonomian Turki.
3. Dia adalah pemimpin karismatik Islam
Analis lainnya menyampaikan, bahwa Islam akan menjadi kekuatan baru masa depan karena mampu tampil sebagai kekuatan yang menyeluruh, antara aqidah dengan dunia. Imperium Islam yang pernah berjaya di Afrika adalah Ghana dan Mali. Bagaimana orang Ghana dan Mali tertarik dengan Islam, yaitu karena melihat cara orang Islam sholat, dimana seluruh warna kulit berbaris pada barisan yang sama.

Apakah umat Islam saat ini kecil? Tidak!

Pakistan dan India merupakan contoh yang paling mudah. Banyak populasi muslim disana. Saya pernah ke India, di India sapi dianggap tuhan. Sapi menghalangi jalan, tuhan ada dimana mana. Ketika muslim pertama kali datang, lalu bertanya ke masyarakat india, dimana pemimpinmu? Dijawab di dalam rumah. Pemimpin seharusnya tidak berada didalam rumah. ( melalui Islam) Orang India menyadari, bahwa tidak ada perbedaan antara pemimpin dengan anak buah.

Apakah anda pernah ke Swiss? Tahu bagaimana Islam di Swiss? Israel mengirimkan surat ke orang yahudi di Swiss, yang isinya minta berhati hati dengan umat Islam di Swiss. Kenyataannya kini banyak orang Swiss yahudi yang masuk Islam. Karena efek surat itu, orang-orang Swiss mulai mempelajari Islam, dan mengetahui bahwa Islam itu indah.

Apa kesimpulannya?
1. Negara-negara Islam banyak yang menyadari akan pentingnya persatuan Islam
2. Banyak kekayaan alam di negara-negara Islam
3. Suburnya SDM di masyarakat Muslim. Sedangkan barat mulai mengalami penurunan.
Pakar yang lain, menyampaikan bahwa barat akan menemui kemunduran (declining), baik secara fisik maupun kultural. Saat ini, barat mengalami jumlah kematian yang sangat signifikan, dan kelahiran yang sedikit, banyak keluarga yang tidak memiliki anak.

Suatu ketika Nabi SAW kedatangan seorang dari Yaman diminta Kisra untuk meminta hukuman dari Rasul. Ketika ditanya darimana asalnya? Maka disampaikan Rasul bahwa besok sudah tidak ada Kisra. Kembalilah kamu ke Yaman. Banyaklah membaca, itu perintah Rasul kepadanya.

Pentingnya Tafakkur dan Belajar Sejarah

Rasulullah SAW berdiam di gua Hira, untuk bertafakur. Ibrahim AS bertafakur dan memikirkan tentang ayahnya yang membuat patung dari kayu. Maka, Bertafakurlah!

Bisakah kita meraih sesuatu tanpa berfikir dan belajar? Tidak bisa !!

Anda harus senantiasa bertafakkur (berfikir mendalam) dan senantiasa belajar. Pelajarilah sejarah karena anda akan mengambil banyak hikmah berharga dari sejarah, terutama sejarah perjuangan Islam.

Apa yang anda pikirkan tentang ini : Turki Utsmani runtuh di tahun 1924. saat itu, ada 300 juta populasi umat islam, sekarang ada sekitar 1,5 miliar umat islam di dunia.

Saat ini, Inggris dan Barat merupakan negara tua. Dimana banyak keluarga yang tidak memiliki keturunan. Banyak orangtua yang tidak peduli dengan anak-anaknya.

Buchanan berkata bahwa barat akan jatuh karena tidak bisa berkembang seperti islam. Bagaimana mungkin mereka bisa mengembangkan negara jika menerima homoseks (dan perilaku menyimpang lainnya)?. Dia juga berkata bahwa Islam tidak ada masalah di barat. Hal ini karena sebenarnya yang buruk adalah model masyarakat barat sedangkan Islam sudah sangat moderat dan dapat diterima.

Pada saat Andalusia akan jatuh, Paus memangil negara-negara yang berbatasan dengan Spanyol. "Saya (Paus) akan memberikan setengah dari Andalusia kalau kalian bersedia menghancurkan semua kaum muslimin sampai tidak ada yang tinggal satu pun di tanah Andalusia ". Ya Allah, seperti inikah perkatan seorang pemimpin Agama?

Atas dasar itu, Portugal langsung menyerang Andalusia. Setelah itu, mereka menginginkan datang orang ke Makkah untuk menghancurkan makam Nabi (tapi tidak pernah berhasil). Seperti inilah akhlak mereka, sedangkan kita menghormati nabi nabi mereka.

Pemuda Harus Bangkit

Para pemuda harus bangkit, karena itu peran dakwah di pemuda sangat penting. Kita tidak ingin menyerang negara lain, oleh karena negara lain juga pasti balas menyerang kita.
Untuk itu, kita mendirikan organisasi organisasi pemuda, mahasiswa dan pelajar. Kalian adalah pemimpin organisasi. Apa yang akan kalian lakukan? Apa yang bisa membuat perubahan dari kalian? Amal dan ide di tiap negara yang tentunya berbeda-beda. Tentunya dari masing-masing negara juga memiliki kekurangan dan kelebihan dalam melakukan gerakan dakwahnya, sehingga membutuhkan konsolidasi koordinasi bersama.
Seperti halnya Imam Hasan Al Banna memulai dakwah di tahun 1936. dimana telah banyak diwariskan sejak dulu. Dan telah kita dokumentasikan menjadi berbagai buku dan pedoman. Kita telah mendukumentasikan kegiatan dakwah kita selama 71 tahun.
Bukalah buku " Risalah Pergerakan Pemuda Islam" yang kami berikan. Bacalah setiap Bab-nya,
Bab 1. Problematika Umat, Tentang situasi umat saat ini
Bab 2. Keinginan untuk mengembalikan bangunan yang hilang
Bab 3. Kebijakan umum amal Thulabiy
Bab 4. Tujuan dan sarana membangun organisasi, Global Strategi, Sejarah kerja thulaby
Yang perlu kalian lakukan adalah membuka buku ini, pelajari, dan bekerjalah. Banyak buku lainnya yang perlu anda mengerti dan akan kami terjemahkan. Isu berkaitan dengan pergerakan, khususnya berbicara pergerakan pemuda. Untuk itu, telah kita buatkan tauhid mafahim (dasar-dasar fundamental pergerakan, bahwa anda membutuhkan tarbiyah, karena yang lain akan hancur).
Erbakan ketika diingatkan untuk menguatkan tarbiyah, tetapi melupakan, sehingga akhirnya mereka tergelincir. Karena sesungguhnya politik sangat rawan. Politik adalah bagian dari Islam, tetapi tarbiyahlah yang mengarahkanya. Bagaimana Kita memaknai tarbiyah? Seperti layaknya ibu yang membesarkan anaknya, itulah Tarbiyah.
Pernah dengar negeri Suriah? Disana ada bangsa Himes. Bangsa Himes membangun kamar mandi siang dan malam. Maka lakukanlah dakwah seperti itu, siang ini dan malam ini. Sanggup? Ini adalah perintah dari Allah untuk bekerja karenanya.

Proyek Masa Depan
Politik barat tidak akan lagi bergantung pada negara-negara bersangkutan, tetapi berhubungan langsung dengan NGO (Non Government Organization, atau LSM) di negara tersebut untuk memelihara kepentingan mereka. [2]
Melihat hal itu, Kita juga harus mendirikan dan mengelola NGO-NGO menurut bidang masing-masing yang dapat kita konsolidasikan. Melalui LSM-LSM tersebut kita dapat akses untuk memberi makan, pendidikan, kesehatan untuk rakyat sebelum mengajarkan Al Qur'an dan Islam kepada mereka.

Organisasi masyarakat modern saat ini adalah NGO, semacam private organization yang tidak berhubungan (langsung) dengan politik tetapi dapat mempengaruhinya, namun keberadan NGO tidak dapat dilarang oleh pemerintah. Silakan anda mengamati NGO-NGO yang berkembang di negara masing-masing.

Kita punya proyek masa depan bersama. Yaitu agenda pembangunan generasi pemimpin masa depan "Future Leader". Kita sama paham bahwa yang bisa masuk menjadi mahasiswa di universitas hanya pemuda-pemudi yang cerdas. Muammar Khadafi menyadari hal itu dengan mengorganisasi kaum muda kampus (mahasiswa) untuk memperkuat (basis) pemerintahannya.

Kita juga harus mendirikan kelompok pemimpin masa depan yang dipilih dari mahasiswa dan pelajar yang berumur 15 – 17 tahun. Yang kita beri penguatan tauhid dan ilmu pengetahuan dibawah bimbingan guru yang khusus.

Saatnya nanti, mereka akan menjadi pemimpin bangsa dan ummat sekaligus. Mereka mengambil pilihan sesuai kecenderungan dan jalur keahlian masing-masing. Seperti halnya para sahabat Rasul SAW ada yang menjadi ahli Al Qur'an, ahli strategi, ahli perang, ahli politik, ahli ilmu pengetahuan, ahli dagang, dan ahli lainnya, semuanya mempunyai kapasitas kepemimpinan.

Anak muda yang diberi pendidikan khusus juga akan diberi kemampuan lapangan dengan terjun langsung menyampaikan da'wah di tengah masyarakat yang masih jahiliyah. Masih banyak masyarakat yang perlu mendapatkan sentuhan Islam, misalnya penyembah berhala di Srilanka, dan juga berhala modern di negeri kita.

Memberikan ilmu sejak kecil seperti melukis di atas batu. Banyak anak muda yang cerdas perlu mendapat perhatian dan pencerahan. Terutama di kampus-kampus dan sekolah. Jangan pernah anggap enteng anak muda, mereka dapat menggemparkan dunia. Sebagaimana halnya beberapa sahabat Nabi SAW yang masih muda, mereka mendapat perhatian dan posisi yang setara dengan sahabat lainnya.

Menikah dini sudah sulit ditemui karena kemerosotan moral pemuda pemudi di dunia (termasuk negeri berpenduduk muslim) karena pengaruh budaya barat (west style) dan meluasnya gelombang globalisasi (global wave ).

Pengaruh gelombang negatif globalisasi menyebabkan moralitas manusia makin merosot dan jatuh ke kubangan (ash fala safilin). Jika kita memiliki NGO, maka dengannya kita dapat berperan melawan pengaruh negatif dan melindungi masyarakat (muslim) di negeri kita.

Saat ini pula, kita kehilangan banyak SDM berkualitas akibat terjebaknya manpower kita ke dalam kehidupan pribadi masing-masing. Membangun keluarga, ekonomi dan masa depan, tanpa memperhatikan lagi tanggungjawab pergerakannya. Karena itu, kita ingin lahir pemuda pemudi yang tetap komitmen dalam pergerakan dan da'wah, tanpa terlalu dipusingkan oleh masalah-masalah pribadinya.

Dalam situasi bagaimanapun, apalagi jika situasi sulit, harus semakin sering berkonsolidasi. Dan bagi mereka yang sudah mencapai pendidikan tinggi seperti Sarjana, Master dan Doktor haruslah mampu memberi sesuatu yang berharga bagi masyarakat. Pemuda terdidik sangat berarti bagi masyarakat dan mereka akan semakin berharga jika mampu memperjuangkan kepentingan umat di wilayah dan negerinya masing-masing. Jadilah Idol dalam komunitas karena kebaikan-kebaikan dan kompetensi kita, dari pada masyarakat sibuk mengidolakan pemain seni dan olahraga tapi mereka tidak mendapat apapun. Dan teruslah mempersiapkan generasi pemimpin masa depan yang mampu menjawab tantangan jaman yang lebih keras.

(Dedicated by. Taufik Amrullah & Agung Andri)

Catatan kaki:

[1] Prof. Dr. Necmettin Erbakan, adalah pemimpin partai Refah Turki yang memenangi pemilu Turki pada tahun 1995. Erbakan menjadi PM pertama Turki yang berasal dari kelompok Islam sejak negera republik itu didirikan oleh Kamal Ataturk. Kemenangan Erbakan di anulir dan pemerintahannya di kudeta oleh Militer Turki, atas dukungan Amerika Serikat.

[2] Maksudnya adalah NGO adalah agen-agen kepentingan barat

One Response so far.

  1. dyaz says:

    permisi ikut ngopi nggih..
    hatur nuhun...

Entri Populer

 
News & Artikel Abu Hylmi © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here