Diberdayakan oleh Blogger.
 
Rabu, 21 November 2007

dimana posisi pemuda?

0 komentar

Dimanakah Idealisme pemuda?

Now I see the secret of the making of the best person. It is to grow in the open air and to eat and sleep with the earth.”

Itu adalah sebuah kutipan dari seorang mahasiswa demonstran yang mati muda. Dikutip ketika akan memimpin pendakian ke gunung slamet 3.442 mdpl.

Apa yang di harapkan mahasiswa ketika ia selesai menamatkan kuliahnya. Memulai hidup baru dengan meninggalkan jubah idealismenya yang sempat tertanam kuat ketika menjadi seorang mahasiswa. Apa yang dirasakan kita ketika masih menjadi mahasiswa ?. Dekat dengan rakyat ?. Memang sebagian dari teman-teman kita sudah berubah paradigmanya. Banyak dari teman-teman kita yang kehilangan azzam, semangat, empati dan pengorbanan ketika jaket almamaternya ditanggalkan dan mendapat selembar ijzah.

Sungguh semua potensi yang ada pada masa kuliah terkikis habis seiring dengan berakhirnya masa kulaihnya. Kenikmatan duniawi merubah orientasi hidupnya, harta dunia, istri yang cantik, pekerjaan yang mapan mampu melenakan dan menenggelamkan idealismenya. Teriakan-teriakan perjuangan dan perlawanan terhadap kezaliman dan penindasan ketika menjadi aktivis tidak terdengar lagi, sunyi sepi dan menghilang perlahan. Apakah idealisme dan semangat perjuangan umurnya hanya sebatas masa kuliahnya? Tidak kawan..! cita-cita perjuangan tidak dibatasi oleh umur dan study kita, tetapi semua itu ada tahapan dalam setiap fasenya, hingga dunia ini selesai pada masanya (kiamat). Aktivis sejati tidak hanya berhenti pada amal thulabi, setelah belajarnya selesai berakhir pula tugas perjuangannya.

Mana yang katanya agent of change? Pembela rakyat yang termiskinkan. Mana penyalur aspirasi rakyat? Mana pembela ketidakadilan, oposisi kebatilan? Rakyat hari ini makin sekarat dan memprihatinkan, para penguasa ambisius semakin menjadi-jadi mempermainkan rakyatnya, rakyat dibiarkan bergelimpangan dalam kesengsaraan. Kebijakan-kebijakan tak sedikitpun yang memihak rakyat, para pemimpin berubah menjadi fir’aun-fir’aun modern yang menghisap darah rakyatnya sendiri.

Pada situasi seperti itu dimana posisi anda sekarang? Apakah sedang asyik-masyuk dengan kesenangan dunia? Dimana posisimu wahai pemuda? Dimana Musa-musa muda itu? Dimana teriakan lantangmu dulu yang tidak kan tenang melihat rakyat dizalimi. Dimana daya kritismu terhadap kebijakan ‘zalim’. Dimana langkahmu kini yang dulu selalu bersama rakyat jelata berbagi rasa, mendengarkan keluhannya. Dimana derap langkahmu dulu dalam mendobrak kelaliman dibawah teriknya matahari.

Semua itu kini menjadi kenangan manis tersimpan rapih dalam memori perjalanan kehidupan. Mampukah pemuda dapat kembali melanjutkan perlawanan itu? Bangkit dari tidur panjang keterlenanaan..!


Untuk itu saya mengundang teman-teman sekalian untuk kembali dekat dengan rakyat, rasakan apa yang sedang rakyat rasakan saat ini. Jadilah manusia tertinggi di Jawa Tengah untuk melakukan pendakian Gunung Slamet yang insya Allah akan di laksanakan pada 21-25 Desember 2007. bersama kafilah pemuda, yang sedang belajar pada alam kehidupan. Belajar arti persahabatan dan persaudaraan, belajar tentang kebersamaan, kepedulian, team work (amal jamai), belajar sabar, belajar untuk siap menanggung beban hingga sampai puncak tujuan (cita-cita). Belajar untuk takafur alam, merenung dan melihat kebesaran akan ciptaan Allah SWT, bahwa kita adalah mahluk kerdil yang tidak pantas untuk sombong.

Wahai alam ajarkan pada kami untuk lebih dekat pada-Nya…

Wahai gunung yang perkasa, ajarkan pada kami…

Tentang keteguhan dan kekokohan akan sikap keberanian,

Mendobrak kebatilan yang kain menguasai kehidupan..

Digunung kita akan merasakan hidup sulit yang sebenarnya, jauh dari fasilitas enak. Kita melatih diri kita untuk bisa bertahan hidup jauh dari peradaban.

Salam anak gunung dari kafilah pemuda…sang pendobrak kezaliman

Oposisi kebatilan…

Entri Populer

 
News & Artikel Abu Hylmi © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here